cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 26205807     EISSN : 26207184     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah secara khusus dan pendidikan anak umumnya. dengan nomor ISSN: 2620-5807, Artikel yang diterima diutamakan penelitian lapangan kuantitatif atau kualitatif. Penelitian literatur akan dipertimbangkan diterima berdasarkan keluasan dan kedalaman kajian. P-ISSN:2620-5807 E-ISSN:2620-7184
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022" : 20 Documents clear
Strategi Pengajaran Bahasa Arab di MI RAKHA Amuntai Alfianor Alfianor
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i1.867

Abstract

Untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab pada materi mufradat tentunya tidak lepas dari perencanaan yang matang. Penggunaan strategi yang tepat akan memudahkan siswa menguasai mufradat. Tujuan riset ini adalah untuk mengeksplorasi tentang bagaimana strategi pengajaran bahasa Arab di MI Rakha Amuntai. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, dan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data sebagai teknik analisis datanya. Hasil penelitian ini adalah strategi pengajaran bahasa Arab pada materi mufradat di MI Rakha Amuntai sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan baik, setidaknya sudah tersusun dan tergambarkan proses pembelajaran mulai dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Namun begitu, dalam perencanaan tersebut belum tergambarkan secara jelas terkait strategi apa yang digunakan, serta langkah-langkahnya juga belum tersusun secara terperinci, begitu juga dengan metode dan medianya. Namun guru terlihat menggunakan strategi bermain peran dan demonstrasi dalam mengajarkan bahasa Arab pada materi mufradat di MI Rakha Amuntai. Secara teoretis dan praktis penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi bagi sekolah dan guru agar mempersiapkan rencana pembelajaran dengan sebaik-baiknya, melengkapai komponen-komponen pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran, dan menentukan strategi, metode, pendekatan, dan media yang tepat untuk materi pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa, sehingga materi menjadi lebih mudah diserap dan kuasai oleh siswa dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
English Teachers’ Readiness in ICT Applications For 21st Century Learning Syahdan Syahdan; Marwa Marwa; Herlinawati Herlinawati
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i2.835

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena fenomena beberapa orang guru Bahasa Inggris di Rayon 3 Kabupaten Siak jarang menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk kebutuhan mengajar dikelas. Guru-guru tersebut lebih fokus pada penggunaan buku pegangan/ referensi dan jarang memanfaatkan internet untuk mendapatkan materi ajar pendukung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kesiapan guru dalam penggunan aplikasi dasar TIK untuk proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah 49 guru Bahasa Inggris dari berbagai jenjang, mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, yang tergabung dalam kelompok guru Bahasa Inggris Rayon 3, dari tiga kecamatan yakni, Minas, Tualang dan Kandis, di Kabupaten Siak, Propinsi Riau. Metode penelitian ini adalah survei dan menggunakan desain cross-sectional, Instrumen penelitian menggunakan angket berisi 12 pertanyaan, yang tujuh diantaranya adalah pertanyaan inti tentang persepsi penguasaan aplikasi Office (word, excel, dan powerpoint) dan persepsi kemampuan penggunaan internet untuk browsing, email, social media, blog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mean berada pada angka 2.57. Untuk nilai modus dan nilai tengah (median) berada pada angka yang sama yakni 3.0. Untuk komponen nilai  variabilitas, ditemukan bahwa standar devisi relatif tinggi yakni  0.707, nilai varian 5, dan rentang nilai minimum dan maksimum  berada pada angka 1-4. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan kesiapan guru didalam penggunaan TIK berada pada level “cukup” dan “baik.” Mengacu pada hasil temuan, guru-guru senior  perlu memperoleh pendampingan didalam penggunaan TIK agar mereka mampu dan siap didalam penggunan berbagai media TIK untuk menghadapi tantangan pembelajaran pada abad 21.
Model Kelas Anwaha Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Masa Covid 19 Syahrani Syahrani
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i2.832

Abstract

Covid 19 memberi pengaruh besar terhadap percepatan adaptasi digital dunia pendidikan dengan gencarnya pembelajaran daring, namun berdampak negatif setelah berlangsung selama 1 tahun lebih dengan terlihatnya anak kelas 2 dan 3 SD sederajat yang belum bisa membaca, menulis, dan berhitung yang sebenarnya harus dikuasai anak saat masih di kelas 1 SD, begitu juga halnya di kelas selanjutnya dan jenjang pendidikan SMP dan SMA yang mana hampir semua siswa belum menguasai pelajaran yang dibahas pada jenjang kelas dibawahnya, sehingga Pondok Pesantren Anwararul Hasaniyyah (Anwaha) membuat model kelas sebagai gerak cepat penanganan masalah tersebut.
Perancangan Silabus ESP Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di UIN Antasari Banjarmasin Riinawati Riinawati
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i2.808

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang silabus esp bagi mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Antasari Banjarmasin. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Dalam penelitian ini, tiga ahli dilibatkan untuk memvalidasi produk. Oleh karena itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli dan persepsi siswa serta hasil rancangan uji coba, produk penelitian ini layak diterapkan pada siswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah semester I sebagai sekolah dasar silabus untuk kursus bahasa Inggris. Silabus yang dirancang dari penelitian ini akan bermanfaat bagi dosen Bahasa Inggris dalam mengajar Bahasa Inggris untuk Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, khususnya bagi mahasiswa semester pertama.
Penerapan Model (Visual, Auditory Dan Kinestetik) VAK Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Damar Putri Rahayu; Deni Adi Putra; Lilik Binti Mirnawati
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i2.841

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran model kooperatif learning visual auditory kinestetik yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi bangun ruang di sekolah dasar, dan 2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika materi bangun ruang setelah diterapkan model Visual auditory kinestetik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki karakteristik dan seting tempat, waktu, dan subjek penelitian. Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini akan dilaksanakan di kelas 5 SD I Roudlatul Jannah . SD I Roudlatul Jannah beralamat di Dusun gading RT04/RW06. Dengan jumlah siswa kelas    5 sebanyak 16 orang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan desain model spiral dari Kemmis dan Taggart. Yang terdiri dari 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap implementasi dan observasi, dan tahap refleksi. Pada tahap prasiklus diketahui nilai ulangan harian siswa 60% siswa nilainya masih dibawah KKM <75. Setelah menerapkan model pembelajaran VAK di siklus 1 diketahui bahwa prosentase keberhasilan belajar sebesar 62,5% berkategori cukup dapat disimpulkan bahwa tindakan selama siklus I belum berhasil dan akan dilakukan perbaikan di siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II Nilai prosentase ketuntasan belajar siswa siklus II yaitu 93,75% menunjukkan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan Pembelajaran dengan model VAK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dikatakan sangat signifikan. Pada tahap siklus I  62,5% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu 93,75%.
Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Berbasis Kegiatan Sunnah Rasululllah Di Sekolah Dasar Novela Aditiya; Sutrisno Sutrisno
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i2.780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai akhlak berbasis sunah rasulullah di SD IT Sahabat Qur’an. Penelitian ini mengunakan penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, data penelitian didapatkan dari observasi, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 guru kelas dan guru pendamping. Hasil informasi dari informan melalui tahapan analisis reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai akhlak berbasis kegiatan sunnah rasulullah melalui 5 kegiatan yaitu 1)penguatan akidah yang bersumber dari ajaran Allah SWT, 2)pembiasan shalat sunah dhuda, qobliyah, badiyah, dan shalat wajib zuhur dan ashar yang dilaksankan dengan berjamaah, 3)kegiatan tahsin dan tahfiz yang telah ditentukan kegiatannya sesuai jadwal, 4)pakaian yang sesuai dengan syariat  islam dan pemisahan ruang kelas laki-laki dan perempuan, 5)akhlak dan abad islam yang dilakukan berdasarkan sunnah rasulullah.
Penerapan Media Kopi Dengan Strategi Kripik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti Tutus Rani Arifa; Sari Kumala; Barsihanor Barsihanor
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i2.842

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kemampuan menulis pada siswa kelas II di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti Barito Kuala setelah diterapkanya media kopi dengan strategi kripik dalam proses pembelajaran.KOPI merupakan KO=Kotak, Pi=Pintar. Kripik merupakan akronim dari K=Kenali,R=Rencanakan,I=Implementasikan,Pi=Penilaian dan K=Kontinyu. Adapun penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu : 1) Bagaimana penerapan Media Kopi dengan strategi kripik dalam kemampuan menulis di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti, 2) Apakah penerapan media kopi dengan strategi kripik dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti. Metode Penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan menulis di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti. Indikator keberhasilan rata-rata kemampuan dan keaktifan berada pada kategori B (Baik). Hasil dari 31 orang anak seluruhnya 4 anak mendapat kategori Mulai Berkembang, 18 anak berkategori Berkembang Sesuai Harapan dan 9 anak berkategori Berkembang Sangat Baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerita dan sudah mencapai ketuntasan.
Konsep Pendidikan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Usia Madrasah Menurut Mahmud Al Mishri Hasbi Indra; Akhmad Alim; Salman Al Farisi
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i1.845

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan dan manusia sekitar. Fokus kajian artikel ini ialah membahas konsep pendidikan kecerdasan interpersonal remaja awal dalam perspektif Mahmud al-Mashri dalam buku beliau yang berjudul Adab al-Thifli al-Muslim Lishigor Walkibar. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menemukan bahwa konsep pendidikan kecerdasan interpersonal menurut Mahmud al-Mishri menekankan pendidikan adab dengan priorotas pendidikan adab kepada orangtua, adab kepada guru, adab kepada teman, adab berbicara, adab bercanda dan adab bertemu dan berjabat tangan.
Analisis Motivasi Belajar Berbantukan Video Animasi Pada Siswa Kelas V SDN 01 Taman Naniek Kusumawati
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i2.834

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif deskriptif yang terfokus pada analisis motivasi belajar siswa di masa pandemi COVID-19 yang berbantukan video animasi pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun, Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa di masa pandemi COVID-19 berbantukan video animasi pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa motivasi belajar siswa di masa COVID-19 berbantukan video animasi dikatakan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi, wawancara dan angket yang diperoleh. Hasil menunjukan bahwa siswa memiliki hasrat keinginan belajar yang tinggi, dan merasa senang jika penyampaian materi dilakukan dengan cara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) disertai menggunakan video animasi.
Relevansi Epistemologi Dari Abid Al-Jabiri Terhadap Pembaruan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Ridhatullah Assya&#039;bani
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i1.744

Abstract

Muhammad Abid Al-Jabiri adalah tokoh pemikir kontemporer muslim yang berasal dari Feji, Fekik. Al-Jabiri adalah tokoh yang pemikirannya sangat berpengaruh pada masa kontemporer. Namanya selalu disebut-sebut dari berbagai kalangan. Ia juga seorang kritikus pada ilmu pengetahuan Arab di Barat dan di Timur. Muhammad Al-Jabiri sangat gigih untuk membangun epistemologi yang bertujuan untuk menyejahterakan perkembangan pada masyarakat, epistemologinya dikenal dengan sebutan irfani, burhani, dan bayani. Epistemologi ini dalam dunia pemikiran, memiliki posisi penting, maka dari itu, Al-Jabiri mencoba merelevansikan epistemologinya pada pembaruan kurikulum pendidikan Islam Pendidikan Sekolah Dasar. Relevansi pemikiran dari Muhammad Abid Al-Jabiri ini mencoba mengembangkan dengan cara pola sirkular. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan pendekatan tematik, yakni pendekatan yang kegiatannya dilakukan dengan cara mengintegrasikan materi pada beberapa mata pelajaran dalam satu topik atau pada satu tema pembahasan

Page 1 of 2 | Total Record : 20